Rabu, 13 Januari 2010

AGROWISATA DI BANTUL

Bupati Bantul Resmikan Kebun Buah Mangunan

Upaya pemanfaatan lahan di pegunungan Mangunan Dlingo ternyata membuahkan hasil dengan berbuahnya beberapa pohon buah di Kebun Buah Mangunan. Tampak pohon durian dan rambutan dihiasi dengan buahnya yang menggoda siapa saja untuk memetiknya. Demikian juga acara yang berlangsung Senin pagi (11/1) dimana Bupati Bantul Drs.HM Idham Samawi meresmikan kebun buah yang telah dirintis sejak tahun 2003 seluas kurang lebih 13 hektar. Peresmian ditandai dengan panen buah durian montong yang cukup membuat pengunjung ketagihan untuk merasakan nikmatnya buah idola ini.

Saya berharap kedepannya Kebun buah ini bisa menjadi andalan wisata agro di Bantul. Sehingga wisatawan berbondong-bondong datang kesini, ujar Bupati Bantul. Lebih lanjut Bupati mengharapkan agar pengelolaan kebun buah dapat dilanjutkan dengan baik dan profesional.

Bupati menceritakan bahwa sudah banyak investor yang melirik kebun buah mangunan, namun dirinya mengaku menolak tawaran tersebut. Kenapa tidak dari dulu mereka menawarkan jasa sejak kebun buah ini dirintis dimana kita dengan susah payah membangunnya, nggak seperti sekarang sudah jadi, kata Idham.

Kebun buah mangunan memang terlihat sejuk dengan banyaknya pepohonan buah dan tanaman pelindung. Disini para wisatawan tidak hanya bisa menikmati koleksi buah-buahan dan pemandangan yang indah, namun juga bisa bertualang dengan sepeda di areal down hill yang pernah menjadi tempat perlombaan internasional juni 2009 lalu, kata Edy Suharyanto Ka Dinas Pertanian dan Kehutanan Bantul. Selebihnya juga disediakan kolam pemancingan, arena flying fox, bangunan budidaya tanaman dan lain-lain. (nurcholis)

1 komentar:

  1. Bagi yang ingin berkunjung untuk mengunjungi tempat ini cukup mudah, apabila dari arah kota Yogyakarta, langsung menuju Jalan Imogiri Timur, setelah sampai di Kecamatan Imogiri kemudian mengambil jalur Imogiri Dlingo, maka sekitar Km 5 akan menjumpai Balai Desa Mangunan, dan disitu ada petunjuk arah ke lokasi Kebun Buah. Sungguh kebun buah ini bisa menjadi wisata andalan di Kabupaten Bantul. Selamat berkunjung ke Kebun Buah Mangunan.

    BalasHapus